Seorang lelaki berusia 70 th mengaku dirinya mendapat wahyu dari malaikat Jibril.

Warga Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) terkejut dengan adanya selebaran yang berisi seseorang bernama Bakri Abdullah alias Amak Junaidi warga desa Tinggi Daye Sambaile sebagai seorang nabi.

Menurut keterangan dalam selebaran tersebut, lelaki berusia 70 tahun itu mengaku telah menerima wahyu dari malaikat jibril. Akibatnya isu nabi palsu itu menarik perhatian pemerintah Lombok Timur.

Camat Sambaile Muhammad Takdir mengatakan, pihaknya sudah bertemu dengan Bakri yang disebut sebagai nabi. Meski demikian Takdir menegaskan isu itu tidak menimbulkan reaksi masyarakat, karena hal serupa pernah terjadi beberapa tahun lalu.

"Isu itu memang ada, tapi sementara ini tidak meresahkan masyarakat karena isu serupa pernah muncul sebelumnya" kata Muhammad Takdir.

Bakri Abdullah juga mengaku melakukan Mi'raj (melakukan perjalanan ke langit) seperti yang dilakukan Nabi Muhammad SAW. Namun belakangan ini dibantah oleh Bakri itu sendiri.

Menurut keterangannya Bakri pernah melakukan mi'raj sebanyak 2 (dua) kali. Yaitu pada tahun 1975 dan pada tahun 1997.

Akibat pengakuan lelaki yang bertempat tinggal di lereng gunung Rinjani ini, sempat akan dihakimi warga. Namun hal itu dapat dihindari setelah berdialog dengan warga.

Untuk mengantisipasi meluasnya isu tersebut, pihak pemerintah kabupaten Lombok Timur melalui Badan Koordinasi Pengawas Aliran Kepercayaan Masyarakat (Bakor Pakem) segera menyelidiki masalah tersebut.

Saat ini Bakri dibawa ke Rumah Sakit Jiwa untuk diperiksa. Karena menurut keterangan masyarakat Bakri pernah mengidap penyakit kelainan jiwa.